Sabtu, 28 Juli 2012

Sumber air limbah dan komposisi air limbah


Sumber Air Limbah Air limbah bersumber dari :                 
1)      Air limbah rumah tangga
a)      Daerah perumahan
Untuk daerah perumahan yang kecil aliran air limbahnya biasa diperhitungkan melalui kepadatan penduduk dan rata-rata perorangan dalam membuang air limbah. Air limbah yang berasal dari daerah perumahan diantaranya dari apartemen, tempat tinggal keluarga, rumah gandengan, dll.
b)      Daerah perdagangan
Untuk daerah perdagangan, air limbah dapat berasal dari pusat perbelanjaan, hotel, toko, pusat perbaikan kendaraan, rumah makan, bar, dll.
c)      Daerah kelembagaan
Untuk daerah kelembagaan, air limbah dapat berasal dari rumah sakit, penjara, sekolah, dll.
d)     Dareah rekreasi
Untuk daerah rekreasi, air limbah dapat berasal dari kolam renang, bioskop, pusat keramaian, dll.
2)      Air limbah industri
Jumlah aliran air limbah yang berasal dari industri sangat bervariasi tergantung dari jenis dan besar-kecilnya industri, pengawasan pada proses industri, derajat penggunaan air, derajat pengolahan air limbah yang ada.
3)      Air limbah rembesan dan tambahan
Air limbah yang berasal dari saluran air hujan yang tidak mampu menampung air hujan sehingga limpahan air hujan akan digabung dengan saluran air limbah, dengan demikian akan merupakan tambahan yang sangat besar.
b.      Komposisi Air Limbah
Sesuai dengan sumber asalnya, maka air limbah mempunyai komposisi yang sangat bervariasi dari setiap tempat dan setiap saat. Akan tetapi, secara garis besar zat-zat yang terdapat di dalam air limbah dapat dikelompokkan seperti pada skema berikut ini.



Air limbah  : Air  (99,9 %) >>Bahan padat (0,1 %) >>Organik Protein (65 %) >> Karbohidrat (25 %) >> Lemak (10 %) >>Anorganik Butiran  Garam Metal 
Secara lebih khusus, maka air limbah yang berasal dari kamar mandi dan WC yang berupa faeces dan urine mempunyai komposisi. (Sugiharto, 1987).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar