Minggu, 29 Juli 2012

Fungsi sikap dan faktor-faktor yang mempengaruhi sikap

Pembahasan Fungsi sikap dan faktor-faktor yang mempengaruhi sikap dapat dilihat pda penjelasan poin-poin dibawah ini Fungsi sikap (Katz dalam walgito, 1990)
a.       Fungsi instrumental atau fungsi penyesuaian
Berkaitan dengan sarana tujuan, sikap berfungsi sebagai sarana untuk mencapai tujuan. Orang memandang sampai sejauh mana objek sikap dapat di gunakan sebagai sarana dalam mencapai tujuan. Fungsi ini juga di sebut fungsi penyesuaian, artinya sikap yang di ambil seseorang akan dapat menyesuaikan diri secara baik terhadap sekitarnya.
b.      Fungsi pertahan ego
Merupakan fungsi ego, atau merupakan sikap yang di ambil oleh seseorang demi mempertahankan ago atau angkunya.
c.       Fungsi ekspresi nilai
Sikap yang ada pada diri seseorang merupakan jalan bagi individu untuk mengekspresikan nilai yang ada di dalam dirinya. Dengan mengekspresikan diri seseorang akan mendapatkan kepuasan dan dapat menunjukan keadaan dirinya.
d.      Fungsi pengetahuan
Fungsi ini mempunyai arti bahwa setiap individu mempunyai dorongan untuk ingin tahu. Dengan pengalamannya yang tidak konsisten dengan apa yang di ketahui oleh individu, akan di susun kembali atau di ubah sedemikian rupa sehingga menjadi konsisten.
Faktor-faktor yang mempengaruhi sikap Faktor-faktor yang mempengaruhi sikap keluarga terhadap objek sikap Fungsi sikap dan faktor-faktor yang mempengaruhi sikap antara lain:
a.       Pengalaman pribadi
Untuk dapat menjadi dasar pembentukan sikap, pengalaman pribadi haruslah meninggalkan kesan yang kuat. Karena itu sikap akan lebih mudah terbentuk apabila pengalaman pribadi tersebut terjadi dalam situasi yang melibatkan emosional.
b.      Pengaruh orang lain yang di anggap penting
Pada umumnya individu cenderung untuk memiliki sikap searah dengan sikap orang yang di anggap penting. Kecenderungan ini antara lain di motivasi oleh keinginan untuk menghindari konflik dengan orang yang di anggap penting.
c.       Pengaruh kebudayaan
Tanpa di sadari kebudayaan itu telah menanamkan garis pengaruh sikap kita terhadap berbagai masalah. Kebudayaan telah mewarnai sikap anggotanya, karena budayalah yang memberi corak pengalaman individi-individu masyarakat asuhannya.
d.      Media massa
Dalam pemberitaan surat kabar maupun radio atau media komunikasi lainnya, berita yang seharusnya faktual di sampaikan secara objektif cenderung di pengaruhi oleh sikap penulisnya, akibatnya berpengaruh terhadap sikap konsumennya.
e.       Lembaga pendidikan agama
Konsep moral dan ajaran dari lembaga pendidikan dan lembaga agama sangat menentukan sistem kepercayaan. Tidaklah mengherankan jika pada gilirannya konsep tersebut mempengaruhi sikap.
f.       Faktor emosional
Kadang kala, suatu bentuk sikap merupakan pernyataan yang di dasari emosional yang berfungsi sebagai semacam penyaluran frustasi atau pengalihan bentuk mekanisme pertahanan ego (Azwar, 2005).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar