Selasa, 17 Juli 2012

Laporan Praktikum Pengoprasian alat dragon/alat pompa air

Latar Belakang
Pompa tangan dangkal pada prinsip kerjanya adalah menghisap air di dalam tanah,kekuatan atau daya hisap ini sesuai dengan tekanan udarah normal yang ada,maka secara teoritis apa bila kondisi silider yang betul-betul kondisi vaccum adalah sebesar 10,33 m.Dalam hal sumur pompa tangan dangkal maka silender berada di atas permukaan tanah sehingga naiknya air adalah akibat hisapan yang di lakukan oleh klep di dalam silender ini.Agar kondisi pompa dapat bertahan cukup lama maka kedalaman air kurang lebih 7 m adalah merupakan kedalaman yang optimal untuk sebuah sumur pompa tangan dangkal. Pembuatan beton atau plesteran selebar 1 m kesampingan dari pipa pengambilan serta pemberian lapisan kedap air sedalam 3 m di sekeliling pipa atau casing bertujuan untuk menahan pencemaran air yang berasal dari tanah.
Tujuan Praktikum
- Untuk mengetahui komponen-komponen dari sumur pompa tangan dangkal dan
- Untuk mengetahui bagian-bagian pompa baik bagian dalam maupun bagian luar.
Manfaat Praktikum
- Agar dapat mengembangkan keterampilannya langsung di tempat praktikum dengan memahami cara kerja, klien dan metode intervensi yang dipakai oleh lembaga tersebut.
- Agar dapat mengembangkan pengalaman praktikum menjadi bahan skripsi.
- Agar dapat mendapatkan peluang untuk direkrut dalam lembaga sosial tempat praktikum
Alat/Bahan
- Kunci Inggris - Pompa Merek Dragon Pump
- Kunci Past
- Kunci Ring
- Tang
Waktu/Lokasi Praktikum
Praktikum di lakukan pada waktu 11.00 wit s/d 16.00 wit di lokasi areal
---------------------------------------------------------------
Prosedur Kerja
Siapkan alat dan bahan yang di perlukan bongkar atau lepas satu persatu pompa yang sudah terakit dengan benar setelah di lepas semua kita lihatsatu per satu komponen dari pompa tangan dangkal,setelah itu untuk merakit kembali,kita ambil dasar pompa,klep bawah yang berwarna cokelat yang berfungsi untuk mengatur keluar masuknya air,cakar ayam dan karet segi empat di sebut vacing,kemudiman kita ambil badan pompa yang kemudian di satukan dengan dasar pompa tadi dengan baut (kepala baut menghadap ke bawah dan mur menghadap ke atas). Setelah itu pasang bagian tengah dari badan pompa. Bagian-bagian yaitu klep atas,penutup klep,kompas yang berfungsi utuk memvaccum udarah dalam tabung,pegangan klep yang semuanya itu di sebut dengan as dari pada pompa. Selanjutnya pasang kapala pompa yang terdiri dari as pengangkat pompa yang berfungsi untuk menentukan supaya astidak goyang,alat untuk memancing air,kepala pompa ini di satukan dengan badan pompa,menggunakan baut (kepala baut menghadap ke atas,mur menghadap ke bawah),kemudian pasang tangki pompa lengan pompa dengan menggeraskan baut,corong terakhir pasang tangki pengungkit.
Hasil Praktikum
Dari hasil praktikum di atas kita dapat mengetahui bagaimana cara kita mempergunakan alat tersebut agar bisa di gunakan dengan baik dan benar dan kita juga bisa memasang pompa dragon tersebut baik di bongkar atau di lepas satu per satu ketika menggunakan alat tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar