Selasa, 31 Juli 2012

Pencemaran Merkuri di Dalam Air dan Lingkungan .


Penggunaan merkuri di dalam industri-industri sering menyebabkan pencemaran  lingkungan,baik melalui  air buangan maupun melalui system ventilasi udara. Merkuri yang terbuang ke sungai, pantai,atau badan air di sekitar  industry-industri tersebut kemudian dapat mengkontaminasi  ikan-ikan dan makhluk air lainnya termasuk ganggang dan tanaman air.Selanjutnya ikan-ikan kecil dan makhluk air lainnya mungkin akan dimakan oleh  ikan-ikan atau hewan air lainnya yang lebih besar atau dan hewan masuk melalui insang.
Kerang juga dapat mengumpulkanmerkuri di dalam rumahnya.Ikan-ikan dan hewan tersebut kemudian dikonsumsi  oleh manusia sehingga  manusia dapat mengumpulkan merkuri dalm tubuhnya. Beberapa penelitian menunjukan bahwa semua ikan yang tidak terkontaminasi  langsung dengan merkuri selama pertumbuhannya masih mengandung merkuri di dalam tubuhnya pada konsentrasi  yang rendah,yaitu 0,005-0,075 ppm.    
        Keracunan dan Metilasi Biologi
Keracunan telah sering terjadi dan merupakan keracunan yang cukup serius  karena dapat  mengakibatkan kematian dan cacat seumuur hidup pada tabel di  bawah ini menunjukan lima keracunan merkuri yang menelan korban cukup  banyak  dan  terjadi  sampai tahun 1968. Keracunan –keracunan tersebut  terutama disebabkan oleh konsumsi ikan yang tercemar merkuri atau konsumsi biji-bijian yang diberi  perlakuan dengan merkuri. 
TABEL I.
       KASUS KERACUNAN MERKURI YANG TERBESAR TAHUN 1953-1969.
Lokasi
Tahun
Korban(orang)
Teluk minamata,jepang
Irak
Pakistan barat
Guatemala
Nigata,jepang
1953-1960
1961
1963
1966
1968
43 meninggal, 68 cacat/sakit
35 meninggal, 321 cacat/sakit
4  meninggal, 34 cact/sakit
20 meninggal ,45 cacat/sakit
5 meninggal, 25 cacat/sakit





Sumber :Palar, 1995.
Walaupun mekanisme keracunan merkuri di dalam tubuh belum diketahui dengan jelas,tetapi beberapa hal mengenai daya racun merkuri dapat dijelaskan sebagai berikut:
1)      Semua komponen merkuri dalam jumlah cukup beracun terhadap tubuh.
2) Masing-masing komponen merkuri mempunyai perbedaan karateristik dalam daya racunnya,distribusi akumulasi atau pengumpulan,dan waktu retensinya di dalam tubuh.
3)    Transformasi biologi dapat terjadi di dalam lingkungan atau di dalam tubuh di mana komponen merkuri diubah dari satu bentuk menjadi bentuk lainnya.
4) Pengaruh merkuri di dalam tubuh diduga karena dapat menghambat kerja enzim dan menyebabkan kerusakan sel disebabkan kemampuan merkuri untuk terikat dengan grup yang mengandung sulfur di dalam molekul yang terdapat di dalam enzim dan dinding sel. Keadaan ini mengakibatkan penghambatan aktivitas enzim dan reaksi kimia yang dikatalis oleh enzim tersebut di dalam tubuh. Sifat-sifat membrane dari dinding sel akan rusak karena pengikatan dengan merkuri sehingga aktivitas yang normal akan terganggu.
5)      Kerusakan tubuh yang disebabkan oleh merkuri biasanya bersifat permanen,dan sampai saat ini belum dapat disembuhkan.
Orang – orang yang mempunyai potensial terpajan merkuri.
Menurut Depkes Kesehatan RI, 1996, Orang –orang  yang mempunyai potensial terpajan merkuri( Hg ) diantaranya:
1)      Pekerja  pembuat chlorine dan soda coustic
2)      Pekerja pabrik batrey, lampu fluorescent, lampu merkuri.
3)      Metelurgis
4)      Pekerja tambang dan procesor dari HgS, emas, perak, tembaga dan seng
5)      Pabrik cat dan pigmen
6)      Tukang cat
7)      Penggulung kertas
8)      Pekerja pabrik pestisida dan fungisida serta penyemprotan/pemakai
9)      Perusahan farmasi
10)  Tukang pipa
11)  Produk kosmetik
12)  Dental oersonel
13)  Electroplators
14)  Pabrik bahan peledak
15)  Pekerja pabrik wool dan penyamak kulit
16)  Operator mesin pengasah
17)  Pabrik tinta
18)  Pekerja di tempat limbah berbahaya
19)  Petugas laboratorium.
Janin,bayi dan anak-anak mempunyai resiko tinggi untuk memperoleh dampak pemajanan MeHG.MeHG dapat menembus plasenta,system saraf sensitive terhadap keracunan Hg. Karena MeHG pada ASI kadar tinggi maka bayi menyusui dapat terpajan. Para pekerja yang menggunakan merkuri atau produk yang mengandung merkuri,beserta anggota keluarganya mungkin mempunyai resiko lebih tinggi terhadap pajanan merkuri,janin bayi dan anak-anak  mempunyai resiko tertinggi terhadap efek pajanan methyl Hg.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar