Selasa, 31 Juli 2012

Efek dan dampak akibat terpapar merkuri


Alasan mengapa merkuri menjadi salah satu masalah kesehatan adalah karena merkuri memliliki afinitas (daya ikat) khusus dengan otak dan jaringan saraf sehingga paparan dan asupan zat ini dapat menyebabkan kerusakan di lokasi tersebut.Terapi pengekatan(pengkelat adalah sejenis zat kimia yang memiliki afinitas khusus pada logam) sangat diperlukan karena pengkelat memiliki daya “tarik”yang lebih kuat terhadap otak dan jaringan saraf daripada metilmerkuri.Oleh karena itu, jika keracunan berhasil terdeteksi secara dini, pengobatan dapat berlangsung dengan sukses.
Adapun efek dan dampak yang ditimbulkan akibat terpapar oleh merkuri adalah
1)      Efek  Fisiologi
Efek toksisitas merkuri terutama pada SSP dan ginjal dimana merkuri terakumulasi. Jangka waktu,intensitas dan jalur paparan serta bentuk merkuri mempengaruhi system apa yang effected. Organ utama yang terkena pada paparan kronik elemen merkuri  dan organomerkuri adalah SSP,sedang garam merkuri menyebabkan kerusakan pada ginjal.
Sedang pada keracunan akut elemen merkuri terhisap mempunyai efek terhadap system pernapasan,sedang garam merkuri tertelan mempunyai efek terhadap saluran pencernaan.Sistem cardiovaskuler merupakan efek sekunder.
2)      Efek Neurologi
System susunan saraf pusat merupakan akibat primer dari pemejanan uap elemen Hg dan MeHg. Bentuk senyawaini menembus blood brain barier dan dapat  menyebabkan kerusakan otak yang ireversibel.
MeHg ingestiakan memperlambat gejala SSP yang mungkin tak manives setelah beberapa bulan pemajanan,dan sebagai gejala pertama sering tak spesifik,seperti malaes,  pandangan kabur,ataupendengaran hilang.
3)      Efek Pada Ginjal
Setelah garam inorganic atau phenylmercury tertelan akan terjadi akumulasi di ginjal yang akan mengakibatkan kenaikan permiabelitas epitel tubulus. Pajanan uap mercury atau garam mercury dapat mengakibatkan protein mulia atau nefrotik sindrom, akuta tubular nekrosis dan terjadi kegagalan ginjal.
4)      Efek Pada Pertumbuhan
Suatu studi mengenai kadar MeHg dalam darah bayi baru lahir di bandingkan dengan darah ibu mempunyai kaitan yang signifikan. Bayi yang di lahirkan dari ibu yang  memakan makanan mengandung mercury MeHg bisa menderita kerusakan otak manifestasi :
a)      Retardasi Mental
b)      Tuli
c)      Penciutan lapangan pandang
d)     Microcephaly
e)      Ataxia
f)       Buta
g)      Gangguan menelan
5)      Efek yang Lain
Efek terhadap system pernapasan dan pencernaan makanan dapat terjadi pada keracunan akut.Inhalasi dari elemental mercury dapat mengakibatkan kerusakan berat dari jaringan paru,pada outopsi ditemukan adanya dilatasi ventrikel kanan yang mengakibatkan kegagalan system pernapasan pada anak-anak inhalasi uap Hg.Gastritis dan ulcus pada mucosa usus dapat terjadi sebagai akibat ingesti garam inorganic. Kerusakan liver juga pernah di laporkan pada keracunan garam mercury.Kenaikan atau penuruna tekanan darah telah di kaitkan dengan pemajanan elemental mercury.Aberasi chromosom di temukan pada beberapa pekerja dengan mercury

Tidak ada komentar:

Posting Komentar