Sabtu, 28 Juli 2012

Dampak Air Limbah terhadap,lingkungan,masyarakat dan ekonomi


Pengolahan air limbah yang kurang baik akan dapat berakibat negatif bagi lingkungan dan kesehatan masyarakat. Dampak yang dihasilkan tersebut antara lain. (Sugiharto, 1987).
1)      Akibat terhadap lingkungan
Air limbah buangan antara lain mempunyai sifat fisik, kimia dan bakteriologis yang dapat menjadi sumber pengotoran, sehingga jika tidak diolah dengan baik akan mencemari air permukaan, tanah dan lingkungan hidup lainnya, disamping sering menimbulkan bau yang tidak sedap serta pemandangan yang tidak menyenangkan.
2)      Akibat terhadap kesehatan masyarakat
Lingkungan yang tidak sehat akibat tercemar oleh air buangan dapat menyebabkan gangguan terhadap kesehatan masyarakat. Air buangan dapat menjadi media tempat berkembangbiaknya mikroorganisme patogen, larva nyamuk atau serangga lainnya yang dapat menjadi media transmisi penyakit, terutama penyakit-penyakit yang penularannya melalui air yang tercemar.
3)      Akibat terhadap sosial ekonomi
Lingkungan hidup manusia bukan hanya kesehatan fisik saja tetapi juga kesehatan mental dan sosial. Keadaan lingkungan yang buruk menyebabkan perasaan yang tidak nyaman dan tidak menyenangkan. Akibatnya kesehatan manusia menjadi terganggu dan kurang produktif sedangkan perkembangan masyarakat tergantung dari tenaga kerja yang produktif. Jika dalam masyarakat selalu terjadi penyakit akibat pengaruh buruk lingkungan, maka hal ini akan mempengaruhi kemampuan kerja dan keadaan sosial ekonominya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar