Rabu, 18 Juli 2012

Laporan Praktiku Mengukur daya Peresapan Tanah/Percolation Test

Latar Belakang
Mencari angka peresapan dan percobaan perkolasi ( percolation test ), dalam bidang resapan atau rembesan, perlu diadakan pengukuran tingkatan tanah untuk dapat mengetahui daya resap tanah terhadap air ( Degree Of Permeability Of The Soil ) dengan mengadakan percobaan pengukuran percolation maka daya resap tanah terhadap air dapat diketahui pada suatu daerah karena setiap jenis tanah mempunyai daya resap yang berbeda. Cara melakukan percobaan percolasi banyak digunakan untuk membuat septik tank agar agar dalam pembuatan sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan.
Tujuan
1. Dapat mengetahui cara pengukuran daya resap tanah
2. Dapat menghidung angka percolation.
Manfaat
1. Dapat mengetahui sejau mana tingkat daya resap tanah pada lokasi- lokasi tertentu.
2. Dapat mengetahui angka percolation.
Alat dan Bahan
- Cangkul
- Meter
- Parang
- Water pas
- Ember
- Air
- Kerikil
- Pasir
- Alat percolation
Waktu Dan Lokasi
Hari / tanggal : kamis, 28 juli 2011
Pukul : 14,00 wit
Tempat : ----------------------------
Cara Kerja
Berikut ini diterangkan cara – cara percobaan perkolasi :
1. Banyaknya dan lokasi percobaan 6 atau lebih percobaan – percobaan harus dilakukan dengan bentuk lubang yang sama ( uniform ) dalam beberapa tempat sepanjang jalur tanah yang akan di pakai sebagai bidang peresapan.
2. Tipe lubang percobaan , lubang galih , atau pengoboran, dengan ukuran horizontal 10 – 30 cm dengan kedalaman – kedalaman jalur bidang peresapan yang diusulkan akan dibangun. Agar supaya penghematan waktu , pekerjaan, dan volume air yang dibutuhkan pada setiap lubang percobaann, dapat di buat lubang – lubang dengan pengoboran yang berdiameter 10 cm. Tetapi umumnya berbentuk persegi 30 cm x 30 cm.
3. Mempersiapkan lubang percobaan. Setelah lubang terbentuk, sisi –sisi dan dasar lubang di garuk – garuk dengan alat seperti sisir secara berhati – hati, dengan maksud agar supaya lapisan tanah pada tepian dinding sisi – sisi dan dasarnya lubang yang telah tergantung dari keadaan semula akibat pengoboran yang mungkun pori – porinya tersumbat, dapat kembalikan lagi sebagai mana seperti keadaan semula. Demikian pula harus hilang dari adanya benda – benda yang lepas dan halus dari lubang percobaan tersebut, juga pada dasar lubang di dasar pasir kasar atau kerikil halus setebal 5 cm . Hal ini dilakukan agar pada waktu air dituangkan kedalaman lubang percobaan tersebut yang dengan sendirinya harus secara berhati – hati. Tidak merusak struktur tanah yang sudah di usahakan seperti keadaan semula. Dimana air merembes tanpa atau tiada gangguan adanya kemungkinan endapan – endapan yang terjadi. Jadi proses perembesan air dari lubang percobaan tersebut dapat diperoleh seperti merembesnya air melalui pori – pori alami dalam tanah yang akan dipergunakan sebagai jalur bidang rembesan.
4. sebelum dilakukan pengukuran menggunakan alat percolation lubang harus disiram dan di biarkan jenuh selama 24 jam dengan tujuan agar tanah menjadi jenuh dan daya resap tanah bisa dapat diketahui secara maksimal
Hasil Praktikum
Contoh perhitungan angka perkolasi
Waktu ( setelah 1 malam pemekaran ) = 30 Menit

Turunnya Air   = - 6 cm
Maka angka rembesan = 6 cm / 30 menit = 2 mm / menit
Kesimpulan
adapun kesimpulan yang dapat di ambil yaitu: percolation text adalah suatu alat yang diguanakan dalam mengukur daya resapan tanah, dengan adanya alat ini, kita dapat mengetahui berapa besar daya resapan tanah dalam suatu wilyah/daerah dengan bermacam-macam jemis tanah yang berda pada lokasi tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar