Sabtu, 28 Juli 2012

Kebutuhan ibu hamil yang harus di perhatikan dalam masa kehamilan


Kebutuhan ibu hamil menurut Prawirohardjo (2005), yaitu:
1)      Kebutuhan nutrisi
Makanan wanita hamil harus lebih diperhatikan daripada diluar kehamilan. Selama hamil seorang wanita memerlukan tambahan 300 kalori per hari sebagai pengawasan, kecukupan gizi ibu hamil dan pertumbuhan kandungannya dapat di ukur berdasarkan kenaikan berat badannya.
2)      Hygiene
Kebersihan  badan dapat mengurangi  kemungkinan infeksi. Pakaian yang baik untuk wanita hamil ialah pakaian yang enak dipakai tidak boleh menekan badan.
3)      Koitus
Koitus tidak dihalangi kecuali bila sejarah : sering abortus/premature, perdarahan pervaginam, pada minggu terakhir kehamilan, koitus harus hati-hati, bila ketuban sudah pecah, koitus dilarang, dikatakan orgasme pada hamil tua dapat menyebabkan kontraksi uterus- partus prematurus.
4)      Perawatan payudara
Kutang yang dipakai harus sesuai dengan pembesaran buah dada, sifatnya menyokong buah dada dari bawah suspension, bukan menekan dari depan. Dua bulan terakhir dilakukan massage, kolostrum dikeluarkan untuk mencegah penyumbatan. Untuk mencegah puting susu kering dan mudah pecah, maka puting susu dan areola dibersihkan dengan air sabun dan biocream atau alkohol.
5)        Perawatan gigi
gigi dan gusi harus mendapatkan perawatan preventif tamabahan selama kehamilan. Gusi dapat dipengaruhi oleh hormon-hormon kehamilan dalam darah sehingga mudah terjadi iritasi dan infeksi dan dapat memicu kerusakan gigi.
6)        Istirahat
wanita pekerja harus sering istirahat. Tidur siang menguntungkan dan baik untuk kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar