Minggu, 29 Juli 2012

Pengertian sikap dan ciri-ciri sikap serta cara pengukuran sikap


Menurut Thursheon (1990) Pengertian sikap dan ciri-ciri sikap serta cara pengukuran sikap adalah bahwa sikap adalah gambaran kepribadian seseorang yang terlahir melalui gerakan fisik dan tanggapan pikiran terhadap suatu keadaan atau suatu objek. Selain itu menurut Berkowitz sikap seseorang dalam objek adalah perasaan atau emosi dan faktor kedua adalah reaksi atau respon atau kecenderungan untuk bereaksi. Dari pendapat tersebut dapat dikatakan bahwa sikap adalah kecenderungan, pandangan, pendapat atau penderian seseorang untuk menilai suatu objek atau persoalan dan bertindak sesuai dengan penilaiannya dengan menyadari perasaan positif dan negatif dalam menghadapi suatu objek. Sedangkan  menurut Notoadmodjo sikap merupakan reaksi yang masi tertutup, tidak dapat terlihat langsung yang dapat ditafsirkan dari perilaku yang nampak. Menurut Azwar , 1995 sikap merupakan kesiapan untuk bereaksi terhadap suatu objek dengan cara tertentu. Bentuk reaksinya dengan cara positif dan negatif, sikap meliputi rasa suka dan tidak suka mendekati dan menghindari situasi, benda, orang, kelompok dan kebijakan sosial. Carl Jung, 1993 sikap adalah kesiapan fisik untuk bertindak atau bereaksi dengan cara tertentu. Menurut Purwanto, 1998 sikap adalah pandangan yang disertai kecenderungan untuk bertindak sesuai sikap objek.
Ciri-ciri sikap
Ciri-ciri sikap (Purwanto, 1998) yaitu:
a.       Sikap bukan di bawah sejak lahir melainkan dibentuk atau di pelajari sepanjang perkembangan itu dalam hubungannya dengan objeknya. Sifat ini membedakannya dengan sifat-sifat motif biogenis seperti lapar, haus dan kebutuhan akan istirahat.
b.      Sikap dapat berubah-ubah karna itu sikap dapat di pelajari dan sikap dapat berubah pada orang-orang bila terdapat keadaan-keadaan dan syarat-syarat tertentu yang mempermudah sikap pada orang itu.
c.       Sikap tidak berdiri sendiri, tetapi senantiasa mempunyai hubungan tertentu terhadap suatu objek dengan kata lain, sikap itu terbentuk, di pelajari, atau berubah senantiasa berkenaan dengan suatu objek tertentu dan dapat di rumuskan dengan jelas.
d.      Objek sikap itu merupakan suatu hal tertentu tetapi juga dapat merupakan kumpulan dari hal-hal tersebut.
e.       Sikap mempunyai segi motivasi dan segi-segi perasaan sikap alamiah yang membedakan sikap dan kecakapan-kecakapan atau pengetahuan-pengetahuan yang dimiliki orang.
Cara pengukuran sikap
Pengukuran sikap dapat dilakukan dengan menilai pernyataan sikap seseorang. Penyertaan sikap adalah rangkaian kalimat yang menyatakan sesuatu mengenai objek sikap yang hendak di ungkap.
Pernyataan sikap mungkin berisi atau menyatakan hal-hal yang positif mengenai objek sikap, yaitu kalimatnya bersifat mendukung atau memihak pada objek sikap. Sebaliknya pernyataan sikap mungkin pula berisi hal-hal negatif mengenai objek sikap yang bersufat tidak mendukung maupun kontra terhadap objek sikap.
Pengukuran sikap dapat dilakukan secara langsung dan tidak langsung. Secara langsung dapat di nyatakan bagaimana pendapat/pernyataan responden terhadap suatu objek. Secara tidak langsung dapat di lakukan dengan pernyataan-pernyataan hipotesis kemudian di nyatakan pendapat responden melalui kuesioner Pengertian sikap dan ciri-ciri sikap serta cara pengukuran sikap (Notoadmodjo, 2003).
Tingkat sikap
Tingkatan sikap (Notoadmodjo, 2003) yaitu:
a.       Menerima
Di artikan bahwa orang (subjek) mau dan memperhatikan stimulus yang diberikan (objek)
b.      Merespon
Memberikan jawaban apabila di tanya, mengerjakan dan menyelesaikan tugas yang di berikan adalah suatu indikasi dari sikap. Karena dengan suatu usaha untuk menjawab pertanyaan atau mengerjakan tugas yang diberikan, terlepas dari pekerjaan itu benar atau salah, adalah berarti orang menerima ide tersebut.
c.       Menghargai
Mengajak orang lain untuk mengerjakan atau mendiskusikan suatu masalah.
d.      Bertanggung jawab
Bertanggung jawab atas semua resiko dari suatu yang telah di pilihnya, merupakan sikap yang paling tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar