Sabtu, 28 Juli 2012

Pengertian Kehamilan dan tanda Gejala Kehamilan


Kehamilan merupakan suatu perubahan dalam rangka melanjutkan keturunan yang terjadi secara alami, menghasilkan janin yang tumbuh didalam  rahim ibu (Prawirohardjo, 2005). sedangkan menurut Pro Health (2008), Kehamilan adalah suatu keadaan dimana janin dikandung di dalam tubuh wanita, yang sebelumnya diawali dengan proses pembuahan dan kemudian akan diakhiri dengan proses persalinan.
Dari pengertian di atas penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa kehamilan adalah suatu proses pembuahan dalam rangka menlanjutkan keturunan yang terjadi secara alami, dan menghasilkan janin tumbuh dalam rahim dan kemudian akan diakhiri dengan proses persalinan.
Tanda dan Gejala Kehamilan
a. Tanda Presumtif menurut Manuaba (1998), yaitu:
1) Amenorea (tidak mendapat haid)
Konsepsi dan nidasi menyebabkan tidak terjadi pembentukan folikel degraaf dan ovulasi. Wanita harus mengetahui tanggal hari pertama haid terakhir (HT) supaya dapat ditaksir umur kehamilan dan taksiran persalinan (TP) yang dihitung dengan rumus Naegela: Tafsiran Persalinan: (HPHT+ 7) dan (bulan HT + 3).
2)  Mual (nausea) dan muntah (emesis)
Pengaruh estrogen dan progesterone terjadi pengeluaran asam lambung yang berlebihan.Menimbulkan mual dan muntah terutama pagi hari yang disebut morning sicknes. Dalam batas yang fisiologis keadaan ini dapat diatasi.Bila mual dan muntah terlalu sering disebut hyperemesis.Akibat mual dan muntah nafsu makan berkurang.
3) Ngidam
Ibu hamil sering meminta makanan atau minuman tertentu terutama pada bulan-bulan triwulan pertama.
4)Sinkope atau pingsan
Terjadinya gangguan sirkulasi ke daerah kepala (sentral) menyebabkan (skemia susunan saraf dan menimbulkan sinkop atau pingsan).Keadaan ini menghilang setelah umur kehamilan 16 minggu.
5)Sering miksi
Desakan rahim ke depan menyebabkan kandung kemih cepat terasa penuh dan sering miksi. Pada triwulan kedua sudah menghilang.
6) Pigmentasi kulit
a)    Sekitar pipi: chloasma gravidarum Keluarnya melanophore, stimulating hormone hipofisis anterior menyebabkan pigmentasi kulit. b) Dinding perut: Striae lividae, striae nigra, linea alba makin hitam, c) Payudara: Hiperpigmentasi areola mammae, puting susu makin menonjol, kelanjar Montgomery menonjol, pembuluh darah menifestasisekitar payudara.
7)Varises atau penampakan pembuluh darah vena
a)    Karena pengaruh dari estrogen dan progesterone terjadi penampakan pembuluh darah vena, terutama bagi mereka yang mempunyai bakat. b) Penampakan pembuluh darah terjadi disekitar genitalis dan eksterna, kaki, dan betis dan payudara. c) Penampakan pembuluh darah ini dapat menghilang setelah persalinan.
b.  Tanda tidak pasti hamil menurut Manuaba (1998), yaitu:
1) Rahim membesar, sesuai dengan tuanya hamil, 2) Pada pemeriksaan dalam dijumpai: a) Tanda hegar, b) Tanda chadwicks, c) Tanda piscosect, d) Kontraksi braxton hicks, e) Teraba ballottemen, 3) Pemeriksaan terbiologis kehamilan positif.
c.  Tanda pasti hamil menurut Mochtar (1998), yaitu:
1) Gerakan janin dalam rahim,
2) Terlihat/teraba gerakan janin,
3) Teraba bagian-bagian janin, 
4) Denyut jantung janin didengar dengan stetoskop laenec, alat kardiotokografi, alat dofller dan Dilihat dengan ultasonografi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar