Selasa, 26 Juni 2012

pengertian dan jenis Nemathelminthes ( Cacing Gelang )

pengertian dan jenis Nemathelminthes ( Cacing Gelang )  Nemathelminthes berasal dari kata nematos artinya benang dan hemins yan artinya cacing. Cacing ini sering disebut cacing gilik. 
  1. Ciri-ciri
    Nemathelminthes
    dapat dijumpai di darat, air tawar, air laut dan daerah kutup hingga daerah tropis. Hidup bebas, apabila yang parasit pada tumbuhan dan hewan tidak memiliki sistem peredaran darah dan jantung, tetapi tubuhnya mengandung cairan senacam darah yang dapat merembes ke bagian tubuh. Bentuk tubuhnya gilik panjang dengan simetri bilateral. Tubuhnya tidak memiliki silia dan tidak bersegmen, di lapisi oleh kutikula transparan. 
  2. Anggota filum NemathelminthesContoh Nemathelminthes yang terkenal anata lain:
a.      Ascaris lumbricoides (cacing gelang)
Ascaris umumnya hidup sebagai parasit dalam usus manusia. Hewan ini bersiat kosmopolit(terdapat dimana-mana). Terutama di daerah tropis. Dan menyebabapkan penyakit yang dikenal dengan ascariasis.
Bentuk tubuhnya bulat panjang bagian ujung-ujung yang meruncing. Mulut terletak di ujung anterior dan dilengkapi  dengan 3 buah bibir. Tubuh cacing betina ukurannya lebih besar dan lebih panjang dari cacing jantan. Diameter cacing betina relatif lebih lurus. Sedangkan cacing jantan memiliki ujung posterior yang melengkung.
Daur hidup cacing gelang
Telur yan sudah dibuahi keluar kedalam bebas bersama feses. Apabila telur ini tertelan bersama makanan atau minuman, maka di dalam usus halus telur ini akan menetes menjadi larva kecil. Setelah menebus dinding usus. Larva ini bersama aliran darah dapat sampai kejantung dan paru-patu. Larva ini dapat mencapai trakea untuk kemudian tertelan lagi dan samapai di usus halus lagi dan tumbuh menjadi cacing dewasa.
b.      Ancylostoma (cacing tambang)
Cacing ini parasit di usus manusia dan banyak dijumapai pada daerah pertambangan, terutama di daerah beriklim panas. Cacing ini mengisap darah sehingga dapat mengakibatkab kematian.
Dengan kiat-kiat yangmendapat dimulutnya, cacing ini menempel kuat di usus. Panjang tubuh cacing dewas 1-15 cm.
Yang termaksud cacing tambang, misalnya Ancylostoma doudenale, terdapat di daerah tropika Afrika dan Asia. Spesies lainnya adalah Necator Americanus yang terdapat di Amerika.
Daur hidup cacing tambang
Cacing dewasa merupakan ektroparasit dalam usus halus manusia. Pada daerah yang sesuai, yaitu tanah lembab, telur yang sudah dibuahi akan menetes dan dalam waktu seharari menghasilkan larva. Larva ini dapat menembus kulit manusia melalui kulit yang tidak beralas kaki. Bersama aliran darah, larva samapi dijantung dan paru-paru. Dari paru-paru, larva menembus dinding paru-paru sampai ketrakea kemudian kefaring. Lalu larfa masuk lagi ke dalam usus halus dan tumbuh menjadi cacing tambang dewasa. Cacing betina dan jantan dewasa dapat melakukan perkawinan.   
c.       Oxyurius vernicularis (cacing kremi)
Oxyurius vernicularis (Enterobius termicularis) hidup dalam usus besar, cacing betina panjangnya anatara 9-15 mm, pada saat bertelur, cacing betina menuju anus untuk memperoleh oksigen yang diperlukan larva untuk pertumbuhan. Gerakan cacing ini menyebabkan rasa gatal di bagian anus. Bila digaruk dengan kuku, maka telur melekat di kuku. Makanan yang dipegang oleh tangan yang mengandung telur cacing menyebabkan telur cacing ikut tertelan. (terutama terjadi pada anak-anak). Cacing terbawa melalui saluran pencernaan samapi keusus besar. Di usus besar cacing tumbuh menjadi dewasa dan dapat beremban biak.
d.      Wuchereria bancrofi (cacing filaria)
Cacing filaria mempunyai inang semetara hewan anthropoda,misalnya nyamuk, dan inng tetap yaitu manusia pada bagian pembuluh getah bening.
e.       Trichinela spiralis (cacing otot)
Cacing ini menyebabakan penyakit trichinosis pada manusia, babi, atau tikus. Parasit masukketubuh manusia melaui daging babi yang dimasak kurang matang. Di dalam usus manusia, larva berkembang menjadi cacing muda. Cacing muda bergerak keotot melalui pembuluh limfa atau darah dan selanjutnya menjadi cacing dewasa. Untuk mencegah infeksi oleh cacing ini, daging harus dimasak samapi matang untuk mematikan cacing muda.
f.        Heterodera radicicola
Cacing ini hidup pada akar tanaman dan menyebabkan para atau bengkak pada akar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar