Senin, 25 Juni 2012

pengertian Anatomi Sistem Pernapasan pada tubuh manusia

pengertian Anatomi Sistem Pernapasan pada tubuh manusia

1.    .SISTEM PERNAPASAN 
  Manusia membutuhkan suply oksigen secara terus-menerus untuk proses respirasi sel,dan membuang kelebihan karbondioksida sebagai limbah beracun produk dari prosestersebut.Pertukatan gas antara oksigen dengan karbondioksida dilakukan agar proses respirasi selterus berlangsung. Oksigen yang dibutuhkan untuk proses respirasi sel ini berasal dariatmosfer, yang menyediakan kandungan gas oksigen sebanyak 21% dari seluruh gas yangada. Oksigen masuk kedalam tubuh melalui perantaraan alat pernapasan yang berada diluar. Pada manusia, alveolus yang terdapat di paru-paru berfungsi sebagai permukaanuntuk tempat pertukaran gas.Jalannya Udara Pernapasan.
1.      Udara masuk melalui lubang hidung
2.      melewati nasofaring
3.      melewati oralfarink 
4.      melewati gloti
5.      masuk ke trake
6.      masuk ke percabangan trakea yang disebut bronchus.
7.      masuk ke percabangan bronchus yang disebut bronchioles
8.      udara berakhir pada ujung bronchus berupa gelembung yang disebut alveolus.

2.        SISTEM INDRAA.
a.       Indera Penglihatan
Alat penglihatan terdiri atas bola mata, saraf penglihatan, dan alat-alat tambahan mata.Bola mata berbentuk bulat, hanya bidangdepannya menyimpang dari bentuk bolasempurna karena selaput bening lebih menonjolke depan. Ini terjadi karena bagian ini lebihmelengkung dari pada bagian lain bola mata.Titik pusat bidang depan dan bidang belakangdinamakan kutub depan dan kutub belakang Garis penghubungnya adalah sumbu mata atau sumbu penglihat.Bola mata dapat dibedakan dinding dan isinya. Dindingnya terdiri atas tiga lapis. Lapisluar adalah selaput keras, yang di depan beralih menjadi selaput bening. Lapis tengahdinamakan selaput koroid yang melapisi selaput keras dari dalam. Ke depan selaputkoroid tidak mengikuti selaput bening. Di tempat peralihan selaput koroid dan selaput pelangi terdapat bentuk yang lebih tebal dan dikenal sebagai badan siliar.
b.      Indera Pendengaran
Alat pendengaran terdiri atas pendengar luar, pendengar tengah dan pendengar dalam.Pendengar luar terdiri atas daun telinga danliang telinga luar. Daun telinga adalah sebuahlipatan kulit yang berupa rangka rawan kupingkenyal. Bagian luar liang telinga luar berdindingrawan, bagian dalamnya mempunyai dindingtulang. Ke sebelah dalam liang telinga luar dibatasioleh selaput gendangan terhadap rongga gendangan.Pendengar tengah terdiri atas rongga gendangan yang berhubungan dengan tekak melaluitabung pendengar Eustachius
3.   SISTEM PENCERNAAN
Sistem pencernaan lapis tanduk yang terdiri atas sel-sel gepeng, sedangkan lapis terdalam disebut lapis benih yang senantiasa membuat sel-sel epitel baru.Kulit jangat berupa jaringan ikat yang mengandung pembuluh-pembuluh darah dansaraf-saraf.
4.         SISTEM EKSKRESI
Manusia memiliki organ atau alat-alat ekskresi yang berfungsi membuang zat sisa hasilmetabolisme. Zat sisa hasil metabolisme merupakan sisa pembongkaran zat makanan,misalnya: karbondioksida (CO2), air (H20), amonia (NH3), urea dan zat warna empedu.Zat sisa metabolisme tersebut sudah tidak berguna lagi bagi tubuh dan harus dikeluarkankarena bersifat racun dan dapat menimbulkan penyakit.
5.         SISTEM SARAF
Sistem saraf merupakan sistem koordinasi (pengaturan tubuh) berupa penghantaran impulsaraf ke susunan saraf pusat, pemrosesan impul saraf dan perintah untuk memberi tanggapanrangsangan. Unit terkecil pelaksanaan kerja sistem saraf adalah sel saraf atau neuronCara Kerja Sitem Saraf. 

SUMBER
Anonim. 2010.http://klikbelajar.com/pelajaran-sekolah/pelajaran-biologi/sistem-saraf-manusia/. Online 11 April 2011Staff LIPI.2010.http://www.bit.lipi.go.id/pangankesehatan/documents/artikel_kolesterol/sistem  peredaran_darah_dan_sistem_ekskresi.pdf Online 11 April


Tidak ada komentar:

Posting Komentar