Senin, 25 Juni 2012

Anatomi Sistem Otot pda manusia dan sistem peredarah darah pada tubuh manusia


1.    SISTEM OTOT
   Sistem otot adalah sistem tubuh yang memiliki fugnsi seperti untuk alat gerak,menyimpan glikogen dan menentukan postur tubuh. Terdiri atas otot polos, otot jantungdan otot rangka.Arti definisi / pengertian Jaringan adalah sekumpulan sel yang memiliki bentuk,struktur dan fungsi yang sama. Jadi jaringan otot adalah sekumpulan sel-sel otot. Untuk menggerakkan anggota tubuh kita, diperlukan sistem otot. Sistem otot terdiri dari beberapa bagian yang saling terpisah yang disebut otot-otot. Sebagian besar otot kitamelekat pada kerangka tubuh. Otot dapat mengerut dan dapat juga menegang. Olehkarena itu, susunan otot adalah suatu sistem alat untuk menguasai gerak aktif dan posisitubuh kita. Pada setiap otot terlihat beberapa empal yang merupakan bagian yang aktif mengerut.Otot merupakan alat gerak aktif yang mampu menggerakkan tulang, kulit danrambut setelah mendapat rangsangan. Otot memiliki tiga kemampuan khusus yaitu :
Ø  kontraktibilitas : kemampuan untuk berkontraksi / memendek 2. Ekstensibilitas : kemampuan untuk melakukan gerakan kebalikan dari gerakanyang ditimbulkan saat kontraksi
Ø  Elastisitas : kemampuan otot untuk kembali pada ukuran semula setelah berkontraksi. Saat kembali pada ukuran semula otot disebutdalam keadaan relaksasi Menurut letaknya, otot dibedakan menjadi otot-otot batang badan, otot-otot anggota gerak dan otot-otot kepala. Otot-otot batang badan terdiri dari otot-otot perut, otot-otot punggung, otot-otot dada dan otot-otot leher. Otot punggung tidak terlihat dari permukaantubuh. Otot punggung berfungsi untuk gerak-gerik tulang belakang. Otot perut terentangantara gelang panggul dan rangka dada. Otot-otot tersebut dapat memendek secara aktif .

A.        Bagian-bagian otot:
·      Sarkolema : membran yang melapisi suatu sel otot yang fungsinya sebagai pelindung otot
·      Sarkoplasma : cairan sel otot yang fungsinya untuk tempat dimana miofibril danmiofilamen berada
·      Miofibril merupakan serat-serat pada otot.
·      Miofilamen :benang-benang/filamen halus yang berasal dari miofibril. Miofibrilterbagi atas 2 macam, yakni : miofilamen homogen (terdapat pada otot polos) danmiofilamen heterogen (terdapat pada otot jantung/otot cardiak dan pada otot rangka/ototlurik).Di dalam miofilamen terdapat protein kontaraktil yang disebut aktomiosin (aktindan miosin), tropopin dan tropomiosin. Ketika otot kita berkontraksi (memendek)maka protein aktin yang sedang bekerja dan jika otot kita melakukan relaksasi (memanjang)maka miosin yang sedang bekerja.

Jaringan otot terdiri dari:1. Otot Polos (otot volunter)
·       Nama lain : otot alat-alat dalam / visceral / musculus nonstriated / otot involunter 
·       Struktur : bentuk serabut panjang seperti kumparan, dengan ujung runcing, denganinti berjumlah satu terletak dibagiann tengah.
·       Kontraksi : tidak menurut kehendaK atau diluar kendali sistem saraf pusat,gerakan lambat, ritmis dan tidak mudah lelah.
·       Otot polos adalah salah satu otot yang mempunyai bentuk yang polos dan bergelondong. Cara kerjanya tidak disadari (tidak sesuai kehendak) / invontary, memiliki satu nukleus yang terletak di tengah sel. Otot ini biasanya terdapat padasaluran pencernaan seperti:lambung dan usus.


     Sistem peredaran darah pada manusia tersusun atas jantung sebagai pusat peredarandarah, pembuluh-pembuluh darah dan darah itu sendiri.A.JantungJantung mempunyai empat ruang yang terbagi sempurna yaitu dua serambi(atrium)dan dua bilik (ventrikel )dan terletak di dalam rongga dada sebeh  atas.                    
a)      Pembuluh DarahPembuluh darah terdiri atas arteri dan vena. Arteri berhubungan langsung denganvena pada bagian kapiler dan venula yang dihubungkan oleh bagian endothelium nya. Arteri dan vena terletak bersebelahan. Dinding arteri lebih tebal dari pada dinding vena. Dinding arteri dan vena mempunyai tiga lapisan yaitu lapisan bagian dalam yang terdiridari endothelium , lapisan tengah yang terdiri atas otot polos dengan serat elastis danlapisan paling luar yang terdiri atas jaringan ikat ditambah dengan serat elastis. Cabangterkecil dari arteri dan vena disebut kapiler. Pembuluh kapiler memiliki diameter yangsangat kecil dan hanya memiliki satu lapisan tunggal endothelium dan sebuah membran basal.Sistem peredaran darah manusia terdiri dari :

a)    Peredaran darah Kecil
·         Melalui :Ventrikel kanan
·         Arteri pulmonal
·         Paru – paru
·         Vena pulmonalig
·         Atrium kiri.Atau :Jantung
·         Paru-paru
·         Jantung 
b)   Peredaran darah Besar Melalui :Ventrikel kiri
·         Aorta
·         Arteri
·         Arteriola
·         Kapiler 
·         Venula
·         Vena
·         Venacava superior dan vena cava inferior 
·         Atrium kanan.Atau :Jantung
·         Seluruh tubuh




Tidak ada komentar:

Posting Komentar