Jumat, 21 September 2012

Persyaratan Psikologis rumah sehat


Persyaratan Psikologis
Rumah sehat harus memiliki pembagian ruangan yang baik, penataan perabot yang rapi, tidak over cowding, dan sebagainya. Persyaratan   psikologis over cowding menimbulkan efek-efek negatif terhadap kesehatan fisik, mental, maupun moral. Penyebaran penyakit-penyakit menular yang padat penghuninya cepat terjadi. Selain itu, didaerah yang seperti ini, kesibukan dan kebisingan akan meningkat, yang akan menimbulkan gangguan terhadap ketenangan, baik individu, keluarga, maupun keseluruhan masyarakat disekitarnya. Selain itu, ketenangan dan kerahasiaan (privacy) setiap individu tidak akan terjamin dan akan mengakibatkan akses-akses menurunnya moral. Undang-undang perumahan dibeberapa negara maju memberi wewenang terhadap pemerintah untuk menaggualangi masalah seperti ini. Rumah atau tempat tinggal dinyatakan over cowding bila jumlah orang yang tidur dirumah tersebut menunjukan hal-hal sebagai berikut.
1)      Dua individu dari jenis kelamin yang berbeda, dan berumur di atas sepuluh tahun dan bukan bersetatus sebagai suami istri, tidur di dalam satu kamar.
2)      Jumlah orang di dalam rumah dibandingkan luas lantai telah melebihi ketentuan yang ditetapkan. Rumah sehat adalah sebuah rumah yang tidak over crowding ketenangan dan kenyamanan seseorang bisa terganggu jika tempat tinggal atau rumahnya termasuk golongan over crowding.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar