Jumat, 21 September 2012

Persyaratan Fisiologis rumah sehat


Persyaratan Fisiologis
Rumah sehat harus dipenuhi kriteria ventilasi yang baik, pencahayaan yang cukup, terhindar dari kebisingan dan adanya lapangan rekreasi terutama untuk anak-anak bermain.
1)        Ventilasi.
Ventilasi merupakan hal yang penting untuk diperhatikan, rumah sebaiknya dibuat sedemikian rupa sehingga udara segar dapat masuk kedalam rumah, sehingga asap dan udara kotor, dapat hilang secara cepat. Hal ini dapat dicapai dengan menempatkan pintu dan jendela dengan posisi yang tepat, sehingga udara dapat masuk kedalam kamar-kamar dan ruangan ruangan lain didalam rumah. Fungsi fentilasi adalah :
a)        Menjaga agar aliran udara didalam rumah tetap segar.
b)        Membebaskan udara dalam ruangan dari bakteri-bakteri terutama bakteri pathogen, karena aliran udara yang terus menerus.
c)        Menjaga ruangan agar kelembapan, dapat terjaga secara optimal.
2)        Pencahayaan
Sebuah rumah dapat dikatakan sebagai rumah yang sehat apabila memiliki pencahayaan yang cukup. Hal ini dikarenakan karena cahaya mempunyai sifat dapat membunuh bakteri atau kuman yang masuk kedalam rumah. Selain itu yang pelu diperhatikan tingkat terangnya cahaya tersebut. Kurangnya pencahayaan akan menimbulkan beberapa akibat pada mata, kenyamanan, sekaligus produktivitas seseorang. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa pencahayaan yang cukup dalam sebuah rumah sangat mem pengaruhi kesehatan orang yang ada didalamnya.
3)        Kebisingan
Saat ini pengaruh kebisingan mulai diperhatikan oleh setiap orang, hal ini dikarenakan kebisingan dapat mengganggu kosentrasi dan kenyamanan seseorang apalagi kalau datangnya tiba-tiba seperti letusan dapat menggangu kehidupan. Orang yang menderita penyakit jantung bisa meninggal seketika karena adanya letusan tersebut. Rumah sehat adalah sebuah rumah yang bisa terhindar dari kebisingan/letaknya jauh dari sumber kebisingan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar