Selasa, 07 Agustus 2012

Perbedaan Gumoh dan Muntah

Gumoh
  • Dari cara keluar Gumoh : (1). Mengalir biasa dari mulut; (2).Tidak disertai kontraksi otot perut; (3).Tidak disertai kontraksi pada pada dinding lambung; (4). Dari volume cairan/makanan yang dimuntahkan Cairan yang dikeluarkan jumlahnya sedikit , kurang dari 10 cc. Berupa ASI yang sudah ditelan si kecil. 
  • Arti  (1). Proses alami dan wajar untuk mengeluarkan udara yang tertelan bayi saat minum ASI; (2). Terjadi pada bayi yang berusia 0 sampai 6 bulan dan akan hilang dengan sendirinya; (3). Dalam kondisi normal, gumoh bisa dialami bayi antara 1 - 4 kali sehari; (4).Gumoh terjadi secara pasif atau terjadi secara spontan; (5). Gumoh tidak bercampur darah dan tidak susah makan atau minum.
Muntah
  • Cara pengeluaran Muntah : (1). Menyembur seperti disemprotkan dari dalam perut; (2). Disertai kontraksi otot perut. Kadang kala juga keluar dari lubang hidung; (3). Dari volume cairan/makanan yang dimuntahkan; (4). Cairan yang dikeluarkan jumlahnya banyak lebih dari 10 cc. Berupa ASI atau susu formula dan makanan jika si kecil berusia di atas 6 bulan. 
  • Arti  (1). Bisa menjadi tanda adanya gangguan kesehatan atau gangguan fungsi pada organ pencernaan bayi; (2) Tidak terjadi pada bayi baru lahir. Tapi bisa terjadi pada bayi berumur 2 bulandan dapat berlangsung sepanjang usia; (3). Muntah bisa di sertai dengan bercak darah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar